08 Agustus 2011

Pin It

Manfaat dan Keutamaan Shalat Tarawih

 EDISI RAMADHAN

Hello sobat blogger, apa kabar kalian di awal-awal puasa ini, semoga puasanya berjalan lancar dan amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT tentunya, aminn...

Manfaat dan Keutamaan Shalat Tarawih | Khamardos BlogReview pada postingan sebelumnya dulu, pada edisi sebelumnya saya sudah memposting tentang musik yang lagi ngetrend di Bulan Puasa kali ini, Yaitu Download Lagu Maher Zain Ft. Fadly Padi – Insya Allah. Bagi yang suka dengan lagu penyejuk jiwa tersebut silahkan klik link tersebut untuk mendownloadnya beserta ada lirik lagunya.


Ok, kembali kepada postingan kali ini, Saya ingin membahas tentang keutamaan dan manfaat Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan ini.

Yang Pertama, Akan Diampuni Dosa-dosa Yang Telah Lalu
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Artinya : “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari).

Penjelasan : Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah shalat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi. Hadits ini memberitahukan bahwa shalat tarawih bisa menggugurkan dosa dengan syarat karena iman yaitu membenarkan pahala yang dijanjikan oleh Allah dan mencari pahala dari Allah, bukan karena riya’ atau alasan lainnya.

Kedua, Shalat Tarawih Berjamaah Ibarat Shalat Semalam Penuh.
Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu beliau bersabda:

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً
Artinya : “Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”

Ketiga, Shalat Sunnah Yang Hampir Menyamai Shalat Fardhu
Ulama-ulama Hanabilah (madzhab Hambali) mengatakan bahwa seutama-utamanya shalat sunnah adalah shalat yang dianjurkan dilakukan secara berjama’ah. Karena shalat seperti ini hampir serupa dengan shalat fardhu. Kemudian shalat yang lebih utama lagi adalah shalat rawatib (shalat yang mengiringi shalat fardhu, sebelum atau sesudahnya). Shalat yang paling ditekankan dilakukan secara berjama’ah adalah shalat kusuf (shalat gerhana) kemudian shalat tarawih.


Berikut Fadhilah-fadhilah ( Keutamaan ) Shalat Tarawih setiap malamnya yang disabdakan Rosulullah SAW. Diriwayatkan oleh Saidina Ali Bin Abi Tholib R.A
 
  1. Malam Petama (01) Orang mukmin keluar dari dosanya pada malam pertama, seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya.
  2. Dan pada malam kedua (02) , ia diampuni, dan juga kedua orang tuanya, jika keduanya mukmin.
  3. Dan pada malam ketiga (03), seorang malaikat berseru dibawah ‘Arsy: “Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat.”
  4. Pada malam keempat (04), dia memperoleh pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Furqan (Al-Quran).
  5. Pada malam kelima (05), Allah Ta’ala memeberikan pahala seperti pahala orang yang shalat di Masjidil Haram, masjid Madinah dan Masjidil Aqsha.
  6. Pada malam keenam (06), Allah Ta’ala memberikan pahala orang yang berthawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.
  7. Pada malam ketujuh (07), seolah-olah ia mencapai derajat Nabi Musa a.s. dan kemenangannya atas Fir’aun dan Haman.
  8. Pada malam kedelapan (08), Allah Ta’ala memberinya apa yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahin as
  9. Pada malam kesembilan (09), seolah-olah ia beribadat kepada Allah Ta’ala sebagaimana ibadatnya Nabi saw.
  10. Pada Malam kesepuluh (10), Allah Ta’ala mengaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat.
  11. Pada malam kesebelas (11), ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya.
  12. Pada malam keduabelas (12), ia datang pada hari kiamat sedang wajahnya bagaikan bulan di malam purnama.
  13. Pada malam ketigabelas (13), ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.
  14. Pada malam keempat belas (14), para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya, bahwa ia telah melakukan shalat tarawih, maka Allah tidak menghisabnya pada hari kiamat.
  15. Pada malam kelima belas (15), ia didoakan oleh para malaikat dan para penanggung (pemikul) Arsy dan Kursi.
  16. Pada malam keenam belas (16), Allah menerapkan baginya kebebasan untuk selamat dari neraka dan kebebasan masuk ke dalam surga.
  17. Pada malam ketujuh belas (17), ia diberi pahala seperti pahala para nabi.
  18. Pada malam kedelapan belas (18), seorang malaikat berseru, “Hai hamba Allah, sesungguhnya Allah ridha kepadamu dan kepada ibu bapakmu.”
  19. Pada malam kesembilan belas (19), Allah mengangkat derajat-derajatnya dalam surga Firdaus.
  20. Pada malam kedua puluh (20), Allah memberi pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan shalihin (orang-orang yang saleh).
  21. Pada malam kedua puluh satu (21), Allah membangun untuknya sebuah gedung dari cahaya.
  22. Pada malam kedua puluh dua (22), ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan.
  23. Pada malam kedua puluh tiga (23), Allah membangun untuknya sebuah kota di dalam surga.
  24. Pada malam kedua puluh empat (24), ia memperoleh duapuluh empat doa yang dikabulkan.
  25. Pada malam kedua puluh lima (25), Allah Ta’ala menghapuskan darinya azab kubur.
  26. Pada malam keduapuluh enam (26), Allah mengangkat pahalanya selama empat puluh tahun.
  27. Pada malam keduapuluh tujuh (27), ia dapat melewati shirath pada hari kiamat, bagaikan kilat yang menyambar.
  28. Pada malam keduapuluh delapan (28), Allah mengangkat baginya seribu derajat dalam surga.
  29. Pada malam kedua puluh sembilan (29), Allah memberinya pahala seribu haji yang diterima.
  30. Dan pada malam ketiga puluh (30), Allah ber firman : “Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku.”
Semoga artikel diatas bermanfaat bagi sobat, dan meningkatkan kesadaran kita untuk lebih giat lagi untuk melaksanakan Shalat Tarawih Berjamaah.

.:: HAPPY BLOGGING SOBAT ::
<-- HAPPY FASTING ->>

Share To lintasberita.com | Khamardos Blog

Bagikan Jika Artikel ini menarik, Diharapkan agar memberikannya kepada teman2 anda di Facebook

Artikel Lainnya :

12 comments:

Klik Untuk Lihat Komentar

bagi bagio on 8 Agustus 2011 12.53 mengatakan...

SUBHANALLOH...Begitu banyak keutamaan dr Sholat Tarawih ini!!
Kalo Tahun2 kemaren Ayas gak pernah absent diMasjid,,, Tp kalo sekarang Ayas udah seminggu lebih blum ikut Tarawih diMasjid karna halangan Pekerjaan yg harus gantian Shif Malam...
Ada rasa yg mengganjal yg Ayas rasakan neh Sob!!
Mungkin baru Besok Ayas bs melaksanakannya.. semoga Ayas dpt kutamaannya walo gak dr Pertama Puasa!!
Aminn Ya Robbal Alamin..
SALA KENAL SATU JIWA Sob!!!

Farixsantips on 8 Agustus 2011 18.32 mengatakan...

Rupanya setiap malam ramadhan ada arti maknanya ya :)

Kerajaanhosting masa depan hosting Indonesia on 9 Agustus 2011 03.08 mengatakan...

wah boleh ni 30 manfaatny sedot dolo ah ;))

"mas sory ganggu, hehe
bantu sy yah(suport gitu) untuk kontes SEO yang sy ikuti, Kerajaanhosting masa depan hosting Indonesia visitback kawan #CekInfo"

Kerajaanhosting masa depan hosting Indonesia on 9 Agustus 2011 03.28 mengatakan...

ijin copaz mas y buat d print :-t

Said Arsyad on 9 Agustus 2011 05.16 mengatakan...

wah, banyak amat manfaatnya. jadi tambah semangat solat tarawih nih.
wah, banyak amat manfaatnya. jadi tambah semangat solat tarawih nih.

COF on 9 Agustus 2011 14.10 mengatakan...

Thanks sob atas artikel menariknya, memang bulan Ramadhan bulan penuh rahmat, pengampunan dosa dan bebas dari api neraka. Selamat menunaikan ibadah puasa sob dan thanks atas kunjungannya.

Kopiah Putih on 9 Agustus 2011 14.30 mengatakan...

Ya Allah...Begitu banyak ternyata Hidayah-Nya dibulan ramadhan ini,
Terimakasih sob..
Salam Kenal.

Belo Elbetawi on 9 Agustus 2011 15.27 mengatakan...

Subhanallah... fadhilah2nye bikin ngilerr...
Biarlah niat kite shalat taraweh hanya Allah Subhanahuwata'ala yang tau :)

abdul on 9 Agustus 2011 23.23 mengatakan...

Subhanallah ,ternyata manteb ya

Advan Angkasa on 10 Agustus 2011 04.08 mengatakan...

subhanallah, allahu akbar.

http://advanshare.blogspot.com

Mas Blue on 13 Agustus 2011 08.27 mengatakan...

Blog Anda bagus lho, padat dan berbobot. Ada postingan tentang lingkungan hidup? Kalo belum saya sarankan posting dong!

mygreatadventurelive on 17 Agustus 2011 00.39 mengatakan...

subhanallah, sudah lama aku mencari makna setiap malam di bulan ramadan , akhirnya aku temukan juga. terimakasih banyak. Danke,

:: Komentar Anda ::

Silahkan isi Komentar anda pada Form Komentar dibawah ini !!!
Kritik dan Saran yang membangun sangat saya harapkan dari sobat semua !!!

NO SPAM PLEASE !!!

Senyum :)) tunggu :)] centil ;)) kedip ;;) unjuk gigi :D hai ;) week - Jelek :p menangis :((
smile :) gawat :( Love - cinta :X briken love - patah hati =(( ooo - ounght :-o bingung :-/ kiss - cium :-* nothing :|
Gila - stres 8-} pusing ~x( takut :-t tenju - pukul b-( marah :-L marah kali x( sangat lucu =))

[[ Form Komentar Klasik ]]

Jika Anda Ingin Berlangganan Artikel Dari Situs Ini,
Silahkan Ketik Email Anda Pada Form Di Bawah Ini :

 
Copyright © 2009 Black Nero is Designed by Ipietoon | Tweaking by Mufied