01 September 2012

Pin It

Mengenal Versi-versi Android


Mengenal Versi-versi Android | Khamardos Blog
Jika pada postingan sebelumnya saya sudah posting tentang apa itu android (baca: Mengenal Android - apa itu android? ) maka untuk postingan selanjutnya saya akan posting tentang seri-seri atau versi yang ada pada android saat ini.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa versi android yang beredar saat ini dibuar berdasarkan nama makanan yang di mulai dari huruf abjad C (Cupcake) berurutan D (Donut), E (Eclair), F (Froyo), dan seterusnya.

Adapun versi android yang beredar saat ini antara lain :
Cupcake (1.5)
Sekitar pertengahan Mei 2009, Google kembali hadir dengan merilis versi terbaru yakni versi 1.5 (Cupcake) untuk telepon seluler yang menggunakan Androit dan SDK (Software Development Kit). Penyesuaian sistem pada layar terjadi pada versi ini mengingat terdapat penambahan beberapa fitur yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa via telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan koneksi secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard semua dapat dilakukan jauh lebih efektif.

Donut (1.6)
Selanjutnya pada September diliris kembali dengan versi 1.6 (Donut) yang menampilkan proses pencarian lebih baik dibanding pada versi sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lain yang terdapat pada versi ini adalah fungsi fitur untuk galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang hendak di hapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA).

Eclair (2.0 / 2.1)
Versi Android awal yang mulai dipakai oleh banyak smartphone, fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface dan merupakan versi Android yang pertama kali mendukung format HTML5.

Froyo / Frozen Yogurt (2.2)
Android 2.2 dirilis dengan 20 fitur baru, antara lain peningkatan kecepatan, fitur Wi-Fi hotspot tethering dan dukungan terhadap Adobe Flash.

Gingerbread (2.3)
Perubahan utama di versi 2.3 ini termasuk update UI, peningkatan fitur soft keyboard & copy/paste, power management, dan support Near Field Communication.

Honeycomb (3.0, 3.1 dan 3.2)
Merupakan versi Android yang ditujukan untuk gadget / device dengan layar besar seperti Tablet PC; Fitur baru Honeycomb yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration (Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011).

Google memutuskan untuk menutup sementara akses ke source code Honeycomb, hal ini dilakukan untuk mencegah vendor pembuat handphone menginstall Honeycomb pada smartphone. Karena di versi sebelumnya banyak perusahaan menginstall Android ke dalam tablet PC, yang menyebabkan user tidak puas dan akhirnya membuat citra Android tidak bagus.

Ice Cream Sandwich (4.0)
Android Ice Cream Sandwich diumumkan pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco) dan resmi dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011 di Hongkong. “Android Ice Cream Sandwich” dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet. Fitur utama Android ICS 4.0 ialah Face Unlock, Android Beam (NFC), perubahan major User Interface, dan ukuran layar standar (native screen) beresolusi 720p (high definition).

Android Jelly Bean (4.1)
Android Jelly Bean lebih menfokuskan fiturnya ke peningkatan User Interface yang lebih lancar dan responsif. Di versi ini juga menandai hadirnya fitur Google Now yang memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan data-data yang tersimpan (kontak, kalender, lokasi, dll) di handphone.

Oke, mungkin itu saja yang akan posting untuk postingan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat yang membaca di blog ini. tunggu postingan saya selanjutnya tentang android ya sobat.

Sumber artikel : infoteknologi
Share To lintasberita.com | Khamardos Blog

Bagikan Jika Artikel ini menarik, Diharapkan agar memberikannya kepada teman2 anda di Facebook

Artikel Lainnya :

8 comments:

Klik Untuk Lihat Komentar

Obat Herbal Penyakit Kista on 16 Oktober 2012 pukul 09.56 mengatakan...

hmmm,,kemarin udah tahu tentang android,sekarng versinya,,,jadi pengen punya nih

obat herbal penyakit jantung on 8 November 2012 pukul 09.06 mengatakan...

banyak juga yah versi nya..
kirain cuma satu..
thanks info nya.

obat herbal asam urat on 8 November 2012 pukul 09.19 mengatakan...

semua jenis android tersebut ada gadget nya apa ngga gan?

obat herbal alami on 8 November 2012 pukul 09.24 mengatakan...

unik-unik banget tuh icon nya.

obat herbal hiv aids on 8 November 2012 pukul 09.31 mengatakan...

info yang bagus..
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

Tips Trik SEO Blogger Pemula on 4 Januari 2013 pukul 17.38 mengatakan...

makasih informasinya yang bermanfaat ini..

taruhan bola on 25 April 2013 pukul 09.59 mengatakan...

baru tahu ane gan tentang ini gan thank's ya gan infonya gan

sewa ac on 26 April 2013 pukul 14.21 mengatakan...

namanya aneh2 tapi lucu2..haha
aku suka android dari pada BB

:: Komentar Anda ::

Silahkan isi Komentar anda pada Form Komentar dibawah ini !!!
Kritik dan Saran yang membangun sangat saya harapkan dari sobat semua !!!

NO SPAM PLEASE !!!

Senyum :)) tunggu :)] centil ;)) kedip ;;) unjuk gigi :D hai ;) week - Jelek :p menangis :((
smile :) gawat :( Love - cinta :X briken love - patah hati =(( ooo - ounght :-o bingung :-/ kiss - cium :-* nothing :|
Gila - stres 8-} pusing ~x( takut :-t tenju - pukul b-( marah :-L marah kali x( sangat lucu =))

[[ Form Komentar Klasik ]]

Jika Anda Ingin Berlangganan Artikel Dari Situs Ini,
Silahkan Ketik Email Anda Pada Form Di Bawah Ini :

 
Copyright © 2009 Support by Web Hosting Indonesia - IDCloudhost | Tweaking by Mufied