16 November 2011

Pin It

Mewujudkan Information Technology Yang Positif

Mewujudkan Information Technology Yang Positif
Hai sobat Blogger, Apa kabar sobat sekarang ini ?, semoga dalam keadaan sehat wal'afiat selalu ya sobat. Ok, untuk postingan kali ini saya akan sharing tentang pemanfaatan segala aspek di bidang Information Technology yang bersifat positif bagi kehidupan di Era Globalisasi Ini.


Siapa yang tidak kenal dengan Information Technology atau sering kita sebut IT, Di Era Globalisasi ini peran It tidak akan terlepas lagi bagi kita semua, baik itu di rumah, sekolah, dan di lingkungan masyarakat. Information technology pada dasarnya merupakan suatu kebutuhan yang dapat membantu meringankan segala aspek kegiatan manusia, artinya tanpa teknologi mungkin semua pekerjaan yang kita lakukan tentu tidak akan bisa berjalan dengan lancar dan mudah sebagaimana mestinya, bukan ? Misalnya saja untuk mengakses informasi yang kita butuhkan, kita bisa memperoleh informasi tersebut lewat menonton Televisi, mendengar radio, atau bisa juga memperolehnya dengan mengakses Internet.

SMAN 1 Pekanbaru | Khamardos Blog
E-Learning SMAN 1 Pekanbaru
Di bidang pendidikan sekarang ini, peranan IT menjadi hal yang paling utama untuk menunjang proses belajar mengajar siswa sehari-hari. Salah satu penerapan IT di Bidang Pendidikan yakni adanya E-Learning yang merupakan salah satu fasilitas dimana siswa-siswi disekolah bisa belajar secara online kapan dan dimana-pun mereka berada. Selain itu, pihak sekolah juga menyediakan perpusatakaan online yang merupakan fasilitas pendukung untuk menumbuhkan minat membaca siswa-siswinya di sekolah tersebut.

Elektronik KTP | Khamardos Blog
Penerapan IT Di Bidang Kependudukan
Jika kita pandang secara luas, di Era Modern ini semuanya sangat begantung dengan IT baik di bidang Pendidikan, Pemerintahan, Kependudukan, dan lain-lainnya. Nah, sesuai dengan topik yang telah saya tulis. Dengan banyaknya penerapan It di segala bidang yang ada tersebut tentu mempunyai dampak serta manfaat tersendiri. Artinya, kita sebagai pengguna IT yang baik tentu harus bersikap selektif dalam menggunakannya, kita harus pandai memilih dan menyeleksi berbagai masukkan bagaimana menggunakan teknologi.

Sebagai contoh, mungkin perkembangan game bagi kalangan muda dan maniak game merupakan hal yang paling diminat sekarang ini, jika kita lihat banyak diantara mereka yang telah terjerumus oleh game yang mereka mainkan tersebut. Mereka lupa akan waktu, melewatkan segala momen penting dikarenakan setiap harinya mereka selalu stay di depan komputer untuk main game terus menerus. Tentu hal tersebut tidaklah bagus, pemuda yang semua menjadi pelopor bagi masa depan bangsa ini hancur dilalap oleh virus game yang akan menghancurkan masa depan mereka. Sebenarnya kita boleh-boleh saja menikmati suatu permainan / game yang ada, namun seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa cara bagaimana agar bermain game tersebut menjadi bermanfaat yaitu kita harus ingat waktu juga, jangan terlalu lama dan menghabiskan hari-hari kita setiap harinya hanya untuk bermain game saja, padahal masih banyak lagi kegiatan yang bisa kita lakukan yang lebih bermanfaat dibanding bermain game terus menerus.

Orang Maniak Game | Khamardos Blog
Terlalu "Maniak" terhadap Game menyebabkan kita lupa waktu

Contoh lain yang bisa menjadi pembelajaran bagi kita yaitu perkembangan informasi yang pesat dan beredar luas di internet. Internet merupakan salah satu fasilitas yang menurut saya tiada batasnya, segala informasi tersebar luas dan mudah didapat di internet. Dengan internet proses belajar mengajar kita akan semakin mudah. Bagi kita yang tidak mempunyai buku saku di mata pelajaran tertentu, maka dengan internet kita dapat memperoleh informasi seputar pelajaran yang kita cari dengan mudah. Namun, dimana dampak negatifnya ? Ya, kita semua tentu tahu perkembangan informasi yang begitu pesat tentu akan muncul juga yang disebut penyimpangan, di internet selain informasi yang positif juga tersebar informasi negatif yang seharusnya tidak diakses oleh orang banyak. Jadi oleh karena itu perlu sikap selektif kita untuk bisa membedakan mana informasi yang baik maupun yang buruk.

Nah, Dari contoh diatas kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa tidak semua informasi yang tersebar tersebut bersifat positif bagi kita semua. Oleh karena itu perlu ada sikap yang bijak dalam diri kita bagaimana menggunakan teknologi tersebut sebaik mungkin guna mewujudkan IT yang Positif bagi kehidupan kita. Ok, berikut ini adalah beberapa sikap yang bisa dijadikan pedoman untuk mewujudkan IT yang Positif, diantaranya :
  1. Manfaatkan semua teknologi yang ada sebaik mungkin, artinya gunakan teknologi tersebut disaat kita membutuhkannya saja, bila teknologi tersebut tidak kita gunakan lagi maka harap dimatikan untuk menghemat sumber daya.
  2. Bersikap selektif, artinya kita harus pandai dalam membedakan mana yang baik maupun buruk untuk digunakan. Jangan pernah memaksa kehendak jika teknologi yang kita gunakan tersebut harus digunakan padahal tidak mempunyai manfaat sama sekali.
  3. Berprilaku sopan dalam berekspresi dan berkarya. baik di dunia nyata maupun dunia maya, kita diberik kebebasan dalam menyampaikan berbagai ekspresi atas karya yang kita buat, tapi ingat sikap sopan juga harus dijaga selain itu kita harus bertanggung jawab agar segalanya berjalan sesuai yang kita harapkan.
  4. Tidak bersifat radikal dan membawa unsur SARA. Karena menurut saya hal-hal semacam inilah yang dengan mudah akan memancing peperangan dan perpecahan diantara kerukunan yang selama ini susah payah kita jaga bersama.
Sebenarnya masih banyak lagi sikap yang bisa kita gunakan untuk mewujudkan Information Technology yang positif, semua itu bergantung pada imtaq kita masing-masing, apakah kita ingin mendekatkan diri pada Pencipta atau tidak. Jika kita berprinsip ingin mendekatkan diri pada-Nya maka selalu ingat pada kebaikan dan jauhi segala yang dilarang untuk kita lakukan.

Computing Cup 2011

Sebagai penutup, Computing Cup 2011 merupakan suatu ajang yang mengajak para blogger dan juga pencinta teknologi untuk membudayakan suatu teknologi yang bersifat positif. Dalam perlombaan yang diadakan oleh IT Telkom ini diharapkan muncul generasi yang membawa citra positif dalam menerapkan Information Technology yang positif bagi kita semua.

Semoga informasi saya kali ini bermanfaat bagi sobat blogger semua, dan jangan lupa untuk memberikan komentar bagaimana menurut sobat penerapan Information technology sekarang ini dan solusi dalam mengarahkan It tersebut agar bersifat Positif bagi kita semua.

.:: HAPPY BLOGGING SOBAT ::.
Share To lintasberita.com | Khamardos Blog

Bagikan Jika Artikel ini menarik, Diharapkan agar memberikannya kepada teman2 anda di Facebook

Artikel Lainnya :

39 comments:

Klik Untuk Lihat Komentar

Arham Sukardi on 16 November 2011 pukul 16.12 mengatakan...

Ada manfaat dan kekurangannya yah sobat..

attayaya-bono on 16 November 2011 pukul 21.36 mengatakan...

ayo semangat ....
untuk memanfaatkan IT secara positif.
gunakan IT dengan cerdas agar otak kita tak menjadi tong sampah.
unduh yang sehat, unggah yang bermanfaat

alat pengukur cuaca on 17 November 2011 pukul 09.35 mengatakan...

setuju nih jangan terlalu banyak main game yaw

Rama88 on 17 November 2011 pukul 21.41 mengatakan...

kebanyakan anak2 skrg ini memang doyan maen game,, sampai lupa belajar, lebih mementingkan game dari pada studynya,, :) semoga aja kedepannya anak2 bangsa akan lebih maju lagi di bidang IT :D

beni on 19 November 2011 pukul 21.55 mengatakan...

internet akan sangat bermanfaat jika kita benar dalam menggunakannya... :D

MMufidLuthfi on 24 November 2011 pukul 10.05 mengatakan...

@Arham Sukardi
yupt bergitulah sob, hal tersebut tenrgantung dengan diri kita masing2 aja sob ...

MMufidLuthfi on 24 November 2011 pukul 10.06 mengatakan...

@attayaya-bono
benar banget ni mas, saya setuju... pemikiran yang positif juga menunjang sebuah dorongan bagi kita agar selalu berfikir positif mas...

SMAN 1 Pekanbaru on 24 November 2011 pukul 12.11 mengatakan...

Benar ni, setuju dengan pendapat ananda... game yang menarik benar2 membuat kita lupa dengan waktu, bhkan banyak para pelajar yang melupakan prnya gara-gara mereka terlalu lama bermain game...

semoga kita semua sadar dengan peran IT sebenarnya, Ayo mufid semangat, semoga berhasil yach ...

MMufidLuthfi on 24 November 2011 pukul 22.35 mengatakan...

@alat pengukur cuaca and @Rama88
game sih boleh2 aja sob, cman kebanyakan dari mereka lupa dengan waktu sehingga lupa dengan kegiatan serta kewajiban mereka sobat ...

MMufidLuthfi on 24 November 2011 pukul 22.36 mengatakan...

@beni
saya setuju dengan anda sobat ...

MMufidLuthfi on 24 November 2011 pukul 22.41 mengatakan...

@SMAN 1 Pekanbaru
hahaha... kayaknya penilaiannya termasuk saya juga ni pak, wkekekeke ...
yang terpenting bagi kita semua adalah kita harus bisa memanfaatkan IT tersebut sebaik mungkin....

Mkasih atas supportnya pak ...

Rizky Wardiansyah on 25 November 2011 pukul 21.16 mengatakan...

kalo menurut saya "sebagai pelajar" seharusnya kita bisa mengatur antara blajar dan main game atau ol,supaya plajaran tidak tertinggal

sorry nih sob baru bisa lagi online ane kemaren lagi sibuk2'ny

INSPIRASIKU on 26 November 2011 pukul 17.38 mengatakan...

kemajuan technology akan menjadi baik jika digunakan secara baik
begitu juga sebaliknya

MMufidLuthfi on 27 November 2011 pukul 21.41 mengatakan...

@Rizky Wardiansyah
benar bnget sobat, saya setuju dengan pendapatmu....
sebenarnya virus game tidak hanya terjadi pada pelajar saa, tapi juga anak kecil hingga dewasa, bhkan yang tua pun ikut-ikutan... PARAHHHH...
semoga kita paham bagaimana menggunakan IT yang baik ...

Thnks Komentarnya sobat, ,,,

MMufidLuthfi on 27 November 2011 pukul 21.41 mengatakan...

@INSPIRASIKU
Ya Benar...

Rumah Dijual on 29 November 2011 pukul 15.08 mengatakan...

thanks this post

blog informasi sederhana on 29 November 2011 pukul 16.26 mengatakan...

wahh mantaph thanx for tutorial :D

Alprablog™ on 4 Desember 2011 pukul 14.36 mengatakan...

Game Online di internet emang enak... :D

obat herbal sinusitis on 7 Desember 2011 pukul 11.16 mengatakan...

ya kita harus memanfaatkan pasilitas yang ada
janganmau di bilang gaptek
heheeeee

susi on 12 Desember 2011 pukul 16.32 mengatakan...

posting ya bagus gan.
semoga sukses gan.

agus @ W-ERP on 13 Desember 2011 pukul 11.26 mengatakan...

saya yakin indonesi pasti bisa menjadi negara IT yang besar

Obat Alami Asam Urat on 17 Desember 2011 pukul 11.24 mengatakan...

ya di era globalisasi ini kita harus berfikiran fositif

BLOGCUNAYZ on 3 Januari 2012 pukul 13.47 mengatakan...

akhirnya saya bisa main lagi kesini apa kabar sob,,?? udah lama nih kita gak sharing

inabuy on 11 Januari 2012 pukul 23.24 mengatakan...

klo gu sih...positif itu klo gak ada porno2nya n infonya memberikan ilmu baru......Betul?

Gamat Gold g on 13 Januari 2012 pukul 08.45 mengatakan...

seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat , kita memang harus lebih selektif dalam memilah informasi mana saja yang baik untuk diserap dan tidak perlu diserap

Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami on 25 Januari 2012 pukul 09.46 mengatakan...

yap...sebagai orang yang mneggunakan IT tentu saja kita harus bisa memenfaatkan It sebaik mungkin,,dengan mengambil positifnya,,jangan malah negatifnya

Obat maag Kronis on 3 Februari 2012 pukul 10.00 mengatakan...

ok lah kalo begitu..

Obat tipes Alami on 3 Februari 2012 pukul 10.18 mengatakan...

semangatt

obat herbal kanker ginjal on 4 Februari 2012 pukul 10.11 mengatakan...

:D

super hosting dunia on 15 Maret 2012 pukul 15.45 mengatakan...

betul sekali...thanks infonya n salam kenal....ditunggu kunjungna baliknya....

Amazingtutor on 20 Maret 2012 pukul 07.45 mengatakan...

terimakasih... artikel yang mencerdaskan, semoga menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk menggunakan teknologi secara positif

jenal sobari on 5 April 2012 pukul 02.29 mengatakan...

memang benar.....
salam kenal

Jamu Tradisional on 19 April 2012 pukul 18.58 mengatakan...

Waw informasinya sangat bermanfaat banget. Keep post aja ya gan. saya tunggu informasi selanjutnya

outbound training di malang on 25 April 2012 pukul 08.50 mengatakan...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

Info Mezzo on 15 Juni 2012 pukul 21.09 mengatakan...

Alahdullilah sekarang orang indonesia rata-rata sudah maju, sudah mengenal facebook, bisa gunain komputer, beda sama waktu smp lalu, ora yang bisa gunain komputer hanya orang-orang tertentu..

Maju terus teknologi di indonesia :) Salam kenal sob

Obat Herbal Penyakit Gagal Ginjal on 3 Agustus 2012 pukul 08.45 mengatakan...

siip semua bergantung ke kitanya...mnjadikan tekhnologi untuk hal positif itu lebih bermanfaat

Outbound di Malang on 7 Agustus 2012 pukul 13.38 mengatakan...

nice post :)
ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

belajar toefl Bahasa Inggris Online on 23 Maret 2013 pukul 11.25 mengatakan...

benar banget,, kita emang harus selektif,, namun bisa menjadi selektif itu tergantungg dari bawaan seorang pengguna internet itu sendiri. jika dia memiliki ental baik maka dia menggunakan internet juga nyarinya yg positif2 aja

wahyumiko on 20 Juni 2013 pukul 16.07 mengatakan...

sebenarnya seharusnya sudah 3 / 2 tahun lalu , bangsa Indonesia (pelajar) menerapkan
Rumah dijual

:: Komentar Anda ::

Silahkan isi Komentar anda pada Form Komentar dibawah ini !!!
Kritik dan Saran yang membangun sangat saya harapkan dari sobat semua !!!

NO SPAM PLEASE !!!

Senyum :)) tunggu :)] centil ;)) kedip ;;) unjuk gigi :D hai ;) week - Jelek :p menangis :((
smile :) gawat :( Love - cinta :X briken love - patah hati =(( ooo - ounght :-o bingung :-/ kiss - cium :-* nothing :|
Gila - stres 8-} pusing ~x( takut :-t tenju - pukul b-( marah :-L marah kali x( sangat lucu =))

[[ Form Komentar Klasik ]]

Jika Anda Ingin Berlangganan Artikel Dari Situs Ini,
Silahkan Ketik Email Anda Pada Form Di Bawah Ini :

 
Copyright © 2009 Support by Web Hosting Indonesia - IDCloudhost | Tweaking by Mufied