16 Agustus 2011

Pin It

Maksud Pesan Error Saat Mengakses Internet

Maksud Pesan Error Saat Mengakses Internet | Khamardos Blog
Hello sobat blogger, apa kabar kalian dipertengahan bulan Ramadhan ini ? Semoga dalam keadaan sehat wal'afiat selalu ya sobat. Beberapa hari yang lalu saya mempunyai masalah dengan koneksi internet di rumah saya sehingga saya tidak bisa melakukan aktifitas blogging seperti hari biasanya.

Saya menggunakan Speedy sebagai akses internet di rumah saya (Maaf, sedikit Promosi, hehehehe ... ). Namun, saat saya mengakses google.co.id atau segala yang ada kaitannya dengan google seperti Gmail.com, Google.com/adsense, picasa, blogger.com, termasuk blog yang menggunakan subdomain "(dot)blogspot.com" tidak dapat saya akses dan meninggalkan pesan "403 ERROR - FORBIDDEN".

Yang anehnya, seperti yang saya katakan, saya tidak bisa mengakses website yang berhubungan dengan google, lalu saat saya mengakses Facebook.com, Twitter.com, dll. Ternyata muncul dan tidak ada masalah satu pun.

Dari latar belakang itulah saya ingin memposting apa sebab dan maksud dari kerusakan/Error saat kita mengakses Internet. Ok, Langsung saja ke topik, berikut adalah beberapa pesan error yang sering muncul saat kita berselancar didunia maya (internet) :

500 – Internal Server Error
Pesan error di atas diartikan sebagai adanya masalah atau kesalahan dalam server internal situs sehingga Anda tidak bisa mengakses situs yang bersangkutan, selama administrator situs belum memperbaiki pesan kesalahan tersebut (Biasanya admin website ini sedang mengadakan maintenance)

400 – Bad Request
Pesan kesalahan tersebut dialami oleh server yang tidak bisa mengerti perintah dari client. Penyebabnya pada umumnya berupa kesalahan script coding di server, sehingga hanya administrator server-lah yang bisa mengatasinya (Jadi, sebagai pengguna blog, kita harus perhatikan kode/script-script yang ada blog kita, jangan sampai ada sedikit pun kesalahan, USAHAKAN ...)

404 – Not Found
Ini mungkin sering sobat temui dibeberapa blog atau saat mengakses internet. Ada beberapa hal yang menyebabkan tampilnya pesan kesalahan di atas :
  • Data di database sebelumnya sudah ada, namun sudah dihapus atau dihilangkan dari database server. Maksudnya disini, saat membuat artikel dan mempublishnya ke blog, artikel yang sudah terlanjur di publish tersebut dihapus oleh pembuat, sehingga artikel yang mulanya terdeteksi ada tidak dapa ditemukan.
  • Terjadi gangguan akses Internet atau down (Mungkin karena koneksi internet yang lambat).
  • Jika akses Internet tetap gagal, maka kemungkinan halaman tersebut memang tidak ada (Sudah saya jelaskan pada poin satu, pengertiannya sama)
  • Terjadi kesalahan penulisan alamat URL (Ingat, penulisan URL haruslah tepat, satu huruf, angka, atau kata saja yang salah akan muncul pesan error ini)

408 – Request Timeout
Pesan ini memiliki alasan bahwa timer atau waktu untuk mengakses situs telah habis. Hal tersebut disebabkan oleh kecepatan akses Internet yang cukup lambat, dan server biasanya memiliki timer atau batas waktu tertentu dalam pengaksesan data dalam database-nya (Say To No Lemot Connection, hehehehe ... )

401 – Unauthorized
Pesan kesalahan tersebut artinya user tidak memiliki otoritas atau izin untuk mengakses halaman web tersebut. Biasanya situs diberi pengaman username dan password, sehingga Anda harus mengerti username dan password situs tersebut.

403 – Forbidden
Ini dia inti dari permasalahan yang saya alami. Pesan kesalahan tersebut memiliki beberapa alasan, diantaranya :
  • Menandakan bahwa halaman situs tidak dapat diakses karena telah diatur demikian dalam servernya.
  • Owner atau pemilik situs belum membayar sewa hosting ke perusahaan pemilik server, sehingga terjadi pemblokiran dari pihak perusahaan server.
  • Yang terjadi pada saya disini adalah masalah modem yang kita gunakan, ternyata IP Address modem kita bermasalah sehingga mewajibkan kita untuk menginstall ulang modem kita tersebut (Install Ulang yang saya maksud disini adalah mensetting ulang modem kita mulai dari mengganti IP address, atau segalanya).
Itulah beberapa masalah yang sering muncul saat kita sedang asyik-asyikmengakses internet. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi sobat semua. Jangan lupa kasih +1 nya sobat, dan jika bermanfaat sebarkan dengan teman-temanmu yang ada di Facebook, Twitter, dll.

.:: HAPPY BLOGGING SOBAT ::.



Tambahan : 
Sebagai anak bangsa negara Republik Indonesia, dari pengucapan yang penuh kobaran dan semangat perjuangan seorang generasi penerus bangsa MENGUCAPKAN :

                    DIRGAHAYU TANAH AIRKU                
            YANG KE-66            
Dirgahayu Republik Indonesia ke-66 tahun 2011 | Khamardos Blog

Share To lintasberita.com | Khamardos Blog

Bagikan Jika Artikel ini menarik, Diharapkan agar memberikannya kepada teman2 anda di Facebook

Artikel Lainnya :

1 comments:

Klik Untuk Lihat Komentar

Obat Alami Untuk Penyakit Gagal Ginjal on 13 November 2012 pukul 10.36 mengatakan...

pada awalnya msih sangat takut ketika baca pesan ini,sekarang jadi terbiasa ketika lihat pesan ini,,hhe
thans atas pemaparannya

:: Komentar Anda ::

Silahkan isi Komentar anda pada Form Komentar dibawah ini !!!
Kritik dan Saran yang membangun sangat saya harapkan dari sobat semua !!!

NO SPAM PLEASE !!!

Senyum :)) tunggu :)] centil ;)) kedip ;;) unjuk gigi :D hai ;) week - Jelek :p menangis :((
smile :) gawat :( Love - cinta :X briken love - patah hati =(( ooo - ounght :-o bingung :-/ kiss - cium :-* nothing :|
Gila - stres 8-} pusing ~x( takut :-t tenju - pukul b-( marah :-L marah kali x( sangat lucu =))

[[ Form Komentar Klasik ]]

Jika Anda Ingin Berlangganan Artikel Dari Situs Ini,
Silahkan Ketik Email Anda Pada Form Di Bawah Ini :

 
Copyright © 2009 Support by Web Hosting Indonesia - IDCloudhost | Tweaking by Mufied