26 Juni 2010

Pin It

Penjurusan IPA atau IPS di Kalangan Siswa SMA

IPA vs IPS | Masalah jurusan IPA atau IPS dan solusinya | Khamardos's BlogMemilih jurusan bagi kalangan pelajar SMA merupakan sebuah masalah yang diibaratkan sebagai permulaan untuk membangun masa depan, ibarat seperti memilih bibit yang cocok untuk menanam sebuah pohon yang berkualitas.

Saat saya melihat update terbaru dari FB, Twitter dan beberapa jejaring sosial tepat pada saat hari penerimaan rapor (Sabtu, 26 Juni 2010) banyak kalangan siswa yang kecewa ataupun bangga dengan raihan jurusan yang didapatnya.

So, pada postingan saya kali ini saya akan membahas tentang perselisihan akan perbedaan dari IPA dan IPS, dan beberapa pandangan terhadap kedua jurusan tersebut.

Benarkah IPA Lebih Baik ?
Pada problem pertama banyak kawan-kawan yang mungkin berpandangan bahwa jurusan IPA lebih baik dibanding IPS. Jawaban itu tidak logis dan saya mengatakan itu salah besar. Ada yang beranggapan hal tersebut wajar, karena jurusan IPA memiliki lebih banyak jalur menuju Perguruan Tinggi ketimbang IPS, bahkan IPA-pun bisa masuk Jurusan IPS di Perguruan Tinggi nanti. Banyak lulusan IPA yang kuliah di Manajemen, Akuntansi, Politik, FIKOM, dsb. Kemudian hampir di semua sekolah setiap kelas yang siswanya masuk 10 besar (ranking teratas) masuk ke jurusan IPA dan yang masuk IPS biasanya yang mendapat rangking bawah (tapi tidak semua benar, buktinya dikelas saya juara 1 malah optimis masuk ke IPS). Dari alasan di atas maka wajarlah bila orang berpendapat bahwa IPA lebih bagus dari IPS.

Lalu, Apakah IPS seburuk itu ?
Tidak, jurusan IPS dibuat pasti dengan tujuan tertentu. Di dalam jurusan IPS kita akan dididik berbagai ilmu sosial dan kemasyarakatan, kitapun akan dilatih agar menjadi manusia yang kritis dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Hal-hal seperti inilah yang tidak dimiliki oleh pelajar di Jurusan IPA.

Benarkah Anak-Anak IPS Dicap Sebagai Anak Nakal ?

Problem kedua menjelaskan kepada kita bahwa adanya ketakutan seorang siswa menjadi nakal ataupun ingin bergabung dengan kawan-kawannya yang juga bersifat nakal !.sehingga banyak siswa yang berpandangan bahwa “jika dia masuk ke jurusa IPS dia akan di cap sebagai anak bandel/nakal".

Ulasan diatas merupakan hasil dari negative thinking orang banyak tantang perlakuan anak IPS, sebenarnya citra baik dan buruknya seseorang berada didalam dirinya sendiri. Jika kebanyakan siswa ada yang mengalami hal seperti ini, cobalah berpandangan positif, Jika sobat tidak merasa sebagai anak nakal, tidak usah ditanggapi tentang bagaimana orang menilai kelas sobat sebagai anak IPS nantinya, tetapi coba tunjukkan dengan prestasi sobat bahwa tidak selamanya jurusan IPS itu kelas untuk anak-anak nakal.

Bagaimana Solusinya ?
Jika diantara kalian ada yang bingung dan pusing 7 keliling memikirkannya ? Pertama kali mari kita intropeksi diri kita masing-masing ! kebanyakan siswa tidak berhasil di setiap jurusannya dikarenakan siswa tersebut tidak mau serius akan belajar dan menciptakan kreasi – kreasi baru !

Bukan zamannya lagi sobat mempertentangkan antara jurusan IPA atau IPS, coba beranggapan jika salah satu tidak ada, OK kita anggap IPS tidak ada, bagaimana dengan "keadaan Negara tanpa pemimpin", bagaimana  "keadaaan sistem hukum di Negara ini", bagaimana dengan "keuangan negara" ? Tak terbayangkan jika salah satunya (IPA atau IPS) tidak ada !!!

So, bangunlah kepribadianmu dan berpikiran positiflah selalu, hingga akhirnya kita siap dan yakin akan pilihan kita tersebut ! bekerja dan belajar haruslah ikhlas bukan karena paksaan dan faktor pujian belaka.

Jadi, sudahkah sobat tahu beberapa keunggulan masing-masing ? Saya membuat postingan ini hanya sekedar untuk memberi support dan motivasi agar setiap jurusan yang sobat raih dilakukan dengan sungguh-sungguh. Jika ada yang merasa tersinggung, saya meminta maaf sebesar-besarnya !!!

IPA dan IPS Itu Bersahabat !!!

Berikan komentar sobat tentang problem tersebut di form komentar !
Share To lintasberita.com | Khamardos Blog

Bagikan Jika Artikel ini menarik, Diharapkan agar memberikannya kepada teman2 anda di Facebook

Artikel Lainnya :

44 comments:

Klik Untuk Lihat Komentar

Atikah on 26 Juni 2010 21.15 mengatakan...

Wehhh. mantaaap yaaaah~! :D

Rchymera|Blog™ on 26 Juni 2010 21.20 mengatakan...

Setuju bgt sob dan blm tentu jurusan IPS lbh buruk dari jurusan IPA coz sekarang ini setelah saya lihat2 materi jurusan IPS juga sdh disamakan meskipun porsinya sedikit berbeda, dan soal cap jurusan IPS tergolong anak nakal saya jg tdk setuju sebab semua tuch tergantung pribadi siswanya masing2 hehehe...:D

Andik mengatakan...

hohohoho !!!
menarik bnget sobat !!!
saya setuju dan sependapat !!!

mixedfresh on 26 Juni 2010 22.23 mengatakan...

semua tergantung kemampuan kita cenderung menjurus kemana, semua jurusan baik, asal belajar dengan giat n sungguh2 Insya Allah kelak jadi orang yang berhasil

Manchester United Tech on 27 Juni 2010 06.00 mengatakan...

Saya juga baru mau memilih jurusan nih sob kalo di sekolahku tergantung juga nilai, kalo nilai IPSnya tinggi yah dimasukkan ke IPS, begitupun sebaliknya sob...

eNeS on 27 Juni 2010 06.22 mengatakan...

Dulu sama guru saya disuruh masuk IPA karena nilai MIPAku cikup bagus, tapi aku memilih IPS. Toh sekalipun bgt skarang malah aku ngajar Matematika dan Fisika.
Tidak benar IPA lebih bagus dari IPS. Sekarang anak IPS juga bisa masuk kedokteran kok

Blogue** on 27 Juni 2010 09.30 mengatakan...

Di jaman gue...IPA identik dengan anak kaca mata minus dan IPS identik dengan anak gila mode. Prestasi sekolah mungkin bisa di pegang oleh anak IPA. Tapi utk urusan aktifitas dan acara sekolah anak2 IPS lebih mendominasi. Ini disebabkan karena anak2 IPS lebih ingin tampil ketimbang ngurusin prestasi. So, just follow your heart to start. Semua punya kelebihan. Kegagalan terbesar adalah memilih jurusan yg tidak kamu sukai dan karena tuntutan orang lain...

Note: Jaman gue tahun 90. Dan hingga saat ini, dogmatis seperti ini ternyata masih ada...

cindy yulenda on 27 Juni 2010 13.06 mengatakan...

mupid..
aku komen agak banyak ya..
pertama, ko t kurang mem back up nama baik ips. nanggung2 gitu kesannya.. jadi pada akirnya anggapan orang k ips tu sama aja kaya paradigma sebelumnya...
kedua, kalau mw buat aku di blog ko, minta persetujuan aku dulu.. tanya alasan aku ngapa g milih ipa.. jadi jelas..
sekian dari saya, mohon maaf apabila ada kata yanng salah..
terimakasih

akhatam on 27 Juni 2010 14.16 mengatakan...

Hmm.. aku bukan anak keduanya nihh.. anak jurusann.. hihihii

wang on 29 Juni 2010 00.23 mengatakan...

hehehe,,,yang Jurusan Bahasa gmana ya

My_Ka on 30 Juni 2010 17.59 mengatakan...

piiid , tu kau masuk jurusan apaa ? :/

Laksamana Embun on 30 Juni 2010 22.51 mengatakan...

Betul yang sobat bilang, itu semua tergantung kita.. Jurusan IPA sekalipun klau basicnya mada, ya pasti mada juga nantinya... Hidup semua pilihan, dan Jalanilah pilihan tersebut dgn sebaik2nya...

Rubiyanto on 1 Juli 2010 10.59 mengatakan...

Ya, kita tidak boleh membeda-bedakan dan mencap salah satu jurusan di sekolah dengan cap seperti itu, karena bilapun ada perilaku tertentu yang menyimpang bisa jadi itu adalah ulah dari salah satu oknum saja.

tfd on 2 Juli 2010 08.53 mengatakan...

iya, yg penting sesuai dg minat dan bakat juga agar selaras dan belajar jd kegiatan yg menguras hati krn g suka...

Sugeng on 2 Juli 2010 20.01 mengatakan...

IPA <<<<< IPS <<<<< aku gak seberapa tahu karena aku cuman lulusan STM :))
salam hangat serta jabat erat selalu dari tabanan

Mufi_ed on 5 Juli 2010 09.23 mengatakan...

@ Andik
Thnks sobat !!!!
demi memajukan pendidikan indonesia, kita meski patut prihatin atas sengketa kedua pihak ini sob !! (hehehehheeee....)

@ Rchymera|Blog™
hmmmm....
benar banget sob !!!

@ Atikah
ahahhaaa...
anak aksel mampir, hohohohoho !!!!
Thnks tika !!!!

@ mixedfresh
yupt, saya juga sependapat, asalkan kita semua bersungguh-sungguh pasti bisa menjalaninya !!!

Mufi_ed on 5 Juli 2010 09.33 mengatakan...

@ cindy yulenda
comment 1 : hohohoh ..... sorry dech !!! tapi mau gimana lagi, inikan pandangan aku cin !!! bukan copas dari perkataan orang lain !!!

comment 2 : hahahhaa.... ini lebih lucu lagi, kan nama cindy g ada aku posting dow, aku hanya membeberkan "buktinya dikelas saya juara 1 malah optimis masuk ke IPS" bukan "cindy yulenda" hahah !!!
Ok OK, aku minta maaf, mohon izinnya yazh sob !!!

@ Blogue**
hehehe...
kayaknya ini merupakan problem bagi pendidikan di indonesia sob !!!
mari kita berantas bersama !!!

@ eNeS
hmmmm....
saya salut kepadamu kang !!!
wah, ternyata berita tentang beberapa anak ips bisa masuk jurusan anak ipa ada benernya juga kang !!!! Thnks tambahannya kang !!!

@ Manchester United Tech
hmmmm...
begitu yach sob !!!
tapi sekolah saya juga seperti itu, hanya saja niat yang menjadi pilihan utamanya sob !!!

beberapa murid ada yang nilai ipsnya tinggi, akan tetapi karena angketnya memilih ipa, yach masuk ipa dia sob !!!

padahal klo kita simak, beberapa orang cenderung karena ikut-ikutan sob !! (yach, saya juga mengalaminya sob)

Mufi_ed on 5 Juli 2010 09.51 mengatakan...

@ Laksamana Embun
hmmm.... benar sob !!!

@ My_Ka
yupt !!! aku sih IPA, cman aq masuk ipa karena pengen ngejar cita2 aku, meski lebih serius nech !!!

@ akhatam
hohohoh !!!!
saya juga pengen masuk jurusan sob !!!
cman di pekanbaru masih belum ada yang sesuai dengan minat saya, mangkanya saya masuk sma !!!
soalnya ortu masih belum bisa melepas saya keluar kota !!!
insya allah kuliah rencana pengen di luar kota !!! Mohon do'a restnya !!!

@ wang
hmmm... denger2 jurusan bahasa sudah tidak ada lagi sob !!!

Mufi_ed on 5 Juli 2010 09.54 mengatakan...

@ Sugeng
hmmmm.... yang penting kita meski serius sobat !!!

@ tfd
yupt setuju !!!

@ Rubiyanto
hahahahaa.....
bener tu sob !!!!
wkekekek !!!

four dreams on 6 Juli 2010 16.22 mengatakan...

wahaaaa IPA VS IPS bro ?
gue mantan anak IPA bro, menurut gue itu semua memang tergantung pada diri sendiri bagaimana lo menjalankan dan melaksanakan kewajiban lo sebagai pelajar yang baik, IPA bisa jadi NAKAL-IPS juga bisa jadi BAIK. nah itu semua tergantung pemikiran dari diri masing-masing sob. link lo gue udeh pasang diblog gue, silahkan dicek bro

Mufi_ed on 14 Juli 2010 20.45 mengatakan...

@ four dreams
bener banget sob !!!
semua tergantung dengan kita, apa kah kita ikhlas menjalaninya !!!

Ok sob !!! segera di link back !!!

four dreams on 15 Juli 2010 00.06 mengatakan...

absen sob :)

attayaya on 15 Juli 2010 09.08 mengatakan...

waaah aku anak FIS (jadul)
baik buruk tergantung pada siswanya.
sebagian siswa yang membenci matematika dll akan melarikan diri ke IPS. siswa yang membenci pelajaran menghapal akan lari ke IPA.
baik buruk ada di tangan siswa. guru hanya akan membantu mengarahkan ke yang lebih baik.

Laksamana Embun on 15 Juli 2010 09.36 mengatakan...

Berkunjung kembali.. Apakabar sobat...?

vpn seller on 15 Juli 2010 10.20 mengatakan...

IPA atau IPS sama aja yang penting lulus bs berguna bagi negara, keluarga dan diri sendiri

online business on 15 Juli 2010 10.31 mengatakan...

dulu waktu jaman saya sma 1 dekade lalu, masuk IPS itu dianggap anak bodoh, badung atau kurang bergengsi..hmm mungkin mindset itu perlu diubah, banyak kok lulusan ips yang akhirnya sukses jadi pengacara,bankir dan lain-lain

ma_dhan on 15 Juli 2010 14.16 mengatakan...

saya bangga menjadi anak IPS, IPA ribet bener dah sepertinya... :p

Mufi_ed on 19 Juli 2010 20.22 mengatakan...

@ ma_dhan
Hohohoho... semangat banget sob, pokoknya kita meski sungguh2 !!!

@ online business
huft bener bnget sobat !!!!
pokoknya kita g boleh pandang sebelah mata !!! semuanya sama saja !!!! asalkan kita mau bersungguh2 !!! pasti semua bisa !!

@ vpn seller
Setuju bnget sobat !!!

@Laksamana Embun
baik sobat !!! hanya saja sibuk dengan tugas2 sekolah !!!

@ attayaya
hmmmm, iya sob bener banget !!!
kebanyakan kawand saya mengatakan alasan mereka masuk ipa karena malas menghapal, dan dia menyukai berhitung dan logika,
jadi bisa saja saya berpendapat bahwa teman saya benar2 serius menanggapi hal ini !!!

Azik on 19 Juli 2010 21.09 mengatakan...

Betul itu sob, soalnya keduanya sama aja, yang membedakannya adalah diri kita sendiri. Di jurusan mana yang kita merasa mampu, jalanilah, dan janganlah sebagai media adu gengsi..
:) :)

dirikuh on 23 Juli 2010 14.43 mengatakan...

ya udala tapi doain akuh masug ipa yo masug ipa

Mufi_ed on 31 Juli 2010 21.33 mengatakan...

@ dirikuh
OK sob !!! semangat y sob !!!

@ Azik
hmmm... masukan yang luar biasa !!! saya setuju dengan pendapat anda !!!

Anonim mengatakan...

tapi gmn ya q kan sma klas 1 n bru rapotan eh ternyata mat ku dpt 70 sedangkan kkm 68 (kriteria penjurusan ipa min 70) tapi q fis kim bio dah diatas kkm, walaupun msh semester 1 tapi q sdh deg2an q pingin msk ipa tpi nilai mat ku 70 gmn ya, ksh saran dong

obat diabetes on 5 Januari 2011 10.17 mengatakan...

wah mantap juga ni infonya,,, terima kasih gan buat infonya,,, salam kenal aja gan

Mufi_ed on 5 Januari 2011 20.40 mengatakan...

@Anonim
Hmmm,saran ku sih hanya satu yang bisa di tempuh !!!!
pandai2 sob mendekati guru apalagi wali kelas !!! wkeekkekeekke....
insya allah bsa sob !!!

TPI INGAT, jgan terlalu optimis masuk IPA, mungkin kita bisa lebih baik di jurusan lain yang menurut kita mampu !!!


AYO SELALU SEMANGAT SOB !!!

Anonim mengatakan...

tapi q doakan ya kwan2 semua mdh2an q nnti bisa msk ipa walaupun nilai mm q semester 1 dpt 70, walaupun untuk msk ipa kkm mat min 70, mdh2an aja semester 2 nilai q meningkat amin

Anonim mengatakan...

setuju.
anak IPA belum tentu lebih baik dari pada anak IPS.
coz sepupu aku anak IPS juara 2 umum n anak IPs berhasil duduk ampe rangking 20 besar

kanker prostat on 9 Maret 2011 08.50 mengatakan...

saya rasa keduanya bagus,,,tergantung orangnya...

obat penyakit jantung on 15 Maret 2011 09.24 mengatakan...

kalo menurut aku gak ada bedanya , ipa sama ips , cuman pelajaran nya doank aku juga waktu sma ambil jurusan ips karna aku nakal
hehe

Anonim mengatakan...

Menurut saya, para siswa yg bingung memilih jurusan adalah mereka yg belum mempunyai cita2. Seharusnya plg lambat di klas 3 SMP siswa hrs sdh menetapkan apa cita2nya, mau menjadi spt apa dia 10 thn mendatang.Lalu susun rencana langkah2 untuk mencapai cita2 itu, kalau perlu diskusikan bersama orgtua dan atau guru. Dg dmk ketika SMA dia sdh yakin jurusan apa yg hrs dia pilih. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Anonim mengatakan...

Menurut saya, para siswa yg bingung memilih jurusan adalah mereka yg belum mempunyai cita2. Seharusnya plg lambat di klas 3 SMP siswa hrs sdh menetapkan apa cita2nya, mau menjadi spt apa dia 10 thn mendatang.Lalu susun rencana langkah2 untuk mencapai cita2 itu, kalau perlu diskusikan bersama orgtua dan atau guru. Dg dmk ketika SMA dia sdh yakin jurusan apa yg hrs dia pilih. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Jepe Halliburton on 24 Juli 2012 22.48 mengatakan...

Belom tentu ipa di cap sebagai siswa cerdas jika tidak memiliki skill/keberaniannya.
Jadi untuk jurusan IPS jangan Negative Thingking,'bahwa ips yg berisi anak2 bodoh dan bandel!
contoh saja Gayus Tambunan(jurusan IPS) hanya saja dia gila harta(korupsi)

Anonim mengatakan...

setuju sekali, dan masalah ipa-ips selalu membuat saya emosi setiap pergantian tahun ajaran baru ~x(

Anonim mengatakan...

jangan pernahh membedakan IPA IPS. kita sama hanya beda keahlian.tidak ada yang lebih baik tidak ada yang lebih buruk.ya walaupun banyak yang beranggapan IPA lebih prestis

AGUS.S mengatakan...

I AM VERY AGREE TO YOU,.....

:: Komentar Anda ::

Silahkan isi Komentar anda pada Form Komentar dibawah ini !!!
Kritik dan Saran yang membangun sangat saya harapkan dari sobat semua !!!

NO SPAM PLEASE !!!

Senyum :)) tunggu :)] centil ;)) kedip ;;) unjuk gigi :D hai ;) week - Jelek :p menangis :((
smile :) gawat :( Love - cinta :X briken love - patah hati =(( ooo - ounght :-o bingung :-/ kiss - cium :-* nothing :|
Gila - stres 8-} pusing ~x( takut :-t tenju - pukul b-( marah :-L marah kali x( sangat lucu =))

[[ Form Komentar Klasik ]]

Jika Anda Ingin Berlangganan Artikel Dari Situs Ini,
Silahkan Ketik Email Anda Pada Form Di Bawah Ini :

 
Copyright © 2009 Black Nero is Designed by Ipietoon | Tweaking by Mufied