13 Desember 2009

Pin It

Mempercepat Booting Dan ShutDown Windows XP

Computer - Dockter | Khamardos's Blog
Hai sobat Blogger semua, Apa Kabar ? Meski dilanda strezz gara-gara ujian semester yang menggila, Tapi ternyata Vakum dari dunia blog membuatku cemas, ntah knpa rasanya meninggalkannya begitu berat dan sangat tersiksa !!! heeeeee....

Kali ini saya akan berbagi Tips, Terkadang Kita kesal dengan kinerja PC / Laptop kita yang proses bootingnya begitu lambat dan begitu juga saat akan shut down sama saja lambannya !!!. Saya akan memberi beberapa Tips, Walaupun tips ini sudah banyak di posting, Tapi saya akan mengulangnya kembali jika anda semua masih kurang dengan penjelasannya. Semua Tips ini sudah saya lakukan dan insya allah berhasil 99.9 %.

Tips Mempercepat Booting, Loading Program, Dll
A) Secara Manual :
- Dengan menggunakan notepad
1. Buka notepad.exe, ketik “del c:\windows\prefetch\ntosboot-*.* /q” (tanpa tanda petik) dan save as “ntosboot.bat” pada c:\
2. Pada Menu Start pilih “Run…” & ketik “gpedit.msc”.
3. Double klik “Windows Settings” dibawah “Computer Configuration” dan double klik lagi pada “Shutdown” di sebelah kanan jendela.
4. Pada jendela baru, klik “add”, “Browse”, cari file “ntosboot.bat” tadi & klik “Open”.
5. Klik “OK”, “Apply” & “OK” sekali lagi untuk keluar.
6. Dari Menu Start, pilih “Run…” & ketik “devmgmt.msc”.
7. Double klik pada “IDE ATA/ATAPI controllers”
8. Klik kanan pada “Primary IDE Channel” dan pilih “Properties”.
9. Pilih tab “Advanced Settings” lihat pada Device 1 yang tidak diwarnai abu-abu “device type’nya pilih ‘none’ bukan ‘autodetect’ & klik “OK”.
10. Klik kanan pada “Secondary IDE channel”, pilih “Properties” dan ulangi langkah nomer 9.
11. Reboot komputermu.


- Dengan Run 

(Perlu perhatiannya sedikit, Untuk Melakukan Setting dengan registry, sobat semua bisa memback up data registry jika anda ragu dan takut terjadi kesalahan dalam menjalankan Prosesnya )
Cara Back Up Registry:
1. start -> run -> Ketik "regedit" (tanpa Kutip) -> file -> export
2. kasih nama backup .reg anda klik ok
3. done

1.) Untuk Mempercepat Akses Folder - dengan mendisable Last Access Update
Jika Sobat Blogger memiliki banyak folder dan subdirectories, maka akses ke Direktory2 Windows XP terasa sangat berat dan seringkali cuman membuang waktu. Dengan mengupdate time stamp di registry, yaitu last access update untuk semua sub directory. Proceed with caution:

1. "Start" > "Run" > lalu ketikan "regedit" (tanpa kutip) lalu klik "Ok".
2. Arahkan ke : “HKEY_LOCAL_MACHINE" -> "System" -> "Current_Control_Set" -> "Control" -> "FileSystem”.
3. Klik kanan pada bagian kosong di panel kanan, lalu pilih "New" -> "DWORD Value".
4. Buat "DWORD Value" dengan nama "NtfsDisableLastAccessUpdate" (tanpa kutip).
5. Klik kanan pada value "NtfsDisableLastAccessUpdate" yang baru dibuat, lalu pilih "Modify".
6. Kemuadian Ubah "Value Data" menjadi "1" (tanpa kutip).
7. Klik "Ok" dan restart untuk feel the change.

2.) Mempercepat Waktu Boot
Boot Defrag pada prinsip menata file-file yg relevan dengan booting secara berurutan. Secara default fitur ini telah diaktifkan pada beberapa Build Windows, tapi beberapa build windows tidak, ada baiknya kalo kita cross check terhadap fitur yg satu ini.

1. "Start" -> "Run" -> "regedit" (tanpa kutip) lalu klik "Ok".
2. Arahkan ke : "HKEY_LOCAL_MACHINE" -> "SOFTWARE" -> "Microsoft" -> "Dfrg" -> "BootOptimizeFunction".
3. Cari “Enable” dibagian panel kanan.
4. Klik “Modify”.
5. Pilih “Y to enable”.
6. Klik "Ok" dan "Restart" untuk feel the change.

3.) Mempercepat Performa Swapfile
Jika Sobat Blogger memiliki RAM lebih besar dari 256MB bisa dibilang tweaking yg ini akan membuat sistem anda berjalan lebih cepat. Tweaking ini pada dasarnya PC kita mengunakan setiap byte dari memori fisik yg terpasang di komputer kita, SEBELUM mengunakan swap file.

1. "Start" -> "Run" -> "msconfig.exe" (tanpa kutip) lalu klik "Ok".
2. Klik tab "System.ini".
3. Klik tanda plus pada tab "386enh".
4. Klik kotak new kemudian ketik "ConservativeSwapfileUsage=1".
5. Klik "Ok".
6. Dan pilih "Restart" untuk feel the changes.

4.) Mempercepat Loading Windows Menu
Tweak ini akan membuat komputer kita terasa lebih cepat. Tweaking ini membuang waktu delay ketika kita mengklik menu dan windows XP menampakkan Menu.

1. "Start" -> "Run" -> "regedit" (tanpa kutip) lalu klik "Ok".
2. Arahkan ke : "HKEY_CURRENT_USER" -> "Control Panel" -> "Desktop”.
3. Pilih/Sorot “MenuShowDelay”.
4. Klik kanan dan pilih “Modify".
5. Ketik angka “100″ (aslinya 400). Angka 50-150 adalah kisaran yang baik, bisa disesuaikan dengan Mood kawan-kawan.
6. Jangan lupa "Ok" dan "Restart" untuk feel the changes.

5.) Mempercepat Loading Program
Tweaking ini bisa berjalan untuk sebagian besar program. Jika program loading tidak seperti yang diharapkan, silahkan dikembalikan ke setting semula.

1. Klik kanan pada icon/shortcut yang berkaitan dengan program. Biasanya pada dekstop.
2. Lalu pilih "Properties".
3. Pada kotak "Target", tambahkan extension : "/prefetch:1" (tanpa kutip) diakhir kalimat.
4. Klik “Ok”, gampang kan? Program akan loading lebih cepat.

B) Menggunakan Software :
1.) RAM Optimizer
Berguna untuk mengoptimalkan pemakaian memori pada RAM dan membuat komputer kalian memiliki memori bebas lebih banyak.

2.) Eboostr
Bagi kalian yg punya flashdisk bisa tersenyum lebar. Software ini menggunakan memori pada flashdisk (bisa mmc,SD) sebagai memori untuk RAM. Hasilnya pun cukup memuaskan. Hanya versi trial jika kalian menghidupkan komputer eboostr versi trial hanya bertahan selama 3 jam.

3.) CCleaner
Berguna untuk menghapus junkfile dari komputer kalian. Selain itu juga dapat memperbaiki register yang bermasalah.

4.) Tune Up Utilities
Software ini merupakan gabungan dari RAM optimizer, CCleaner, yang dapat mempercepat kinerja komputer. Software ini dapat juga mempercantik tampilan dekstop (dapat mengubah icon, visual style bahkan dapat mengganti tampilan booting screen dan log in.

5.) Menggunakan Bootvis dan BootRacer
- Boovis (DOWNLOAD)
Cara menggunakannya :
1. Download Microsoft Bootvis DI SINI, ekstrak dulu kemudian install.
2. Setelah itu buka Bootvis, klik Trace - Next Boot + Driver Delays. Klik OK. Maka PC akan merestart sendiri.
3. Setelah kembali masuk windows, Bootvis akan terbuka dan menampilkan hasil analisanya.
4. Kemudian klik Trace - Optimize System - klik Reboot Now. Maka PC kembali direstart.
5. Setelah kembali masuk windows, Bootvis akan terbuka dan akan mengoptimalkan sistem. Tunggu sampai prosesnya selesai.
6. Setelah selesai restart kembali PC Anda, booting masuk ke Windows akan menjadi lebih cepat.

downlaod bootvis and bootracer

Perhatian : Software bootvis ini memiliki masalah kompabilitas dengan processor dengan teknologi HT atau multicore untuk melakukan tracing boot. Tetapi bekerja sangat baik untuk proses optimize boot-nya.

- Bootracer (DOWNLOAD)
klik advaced, sensitivity level, pilih high load system untuk hasil yg lebih akurat. Setelah bootracer muncul pada startup, jangan menggunakan keyboard atau menggerak-gerakan mouse, tunggu sampai prosesnya selesai!
Hasilnya dapat dilihat pada Event Viewer di Control Panel.
downlaod bootvis and bootracer

TWEAKING DAN OPTIMASI
Bagaimana cara mengoptimalkannya ?
1. Hapus file-file sampah dan temporary dari installer program yg terkadang dapat berukuran giga, pada "/Documents & Setting/User/Local settings/Temp"
2. Lakukan juga defrag, terutama di partisi system (C:)
3. Jalankan salah satu program boot optimizer yg saia berikan.
4. Sediakan reserve space untuk MFT, agar akses file menjadi sedikit lebih cepat, caranya :

* Buka command prompt, pastikan di C:\>
* Pada C:\> Ketik "FOR /L %f in (1,1,10000) do md %f", ini akan membuat folder sebanyak 10.000 di C
* Setelah itu pada C:\1> ketik "FOR /L %f in (1,1,50000) do echo Hey > %f", ini akan membuat 50.000 file di folder "C:\1\"
* Setelah itu maka space MFT akan mengembang, setelah itu kamu bisa delete folder dan file yg tadi dibuat
* Balik ke C:\> ketik "FOR /L %f in (1,1,10000) do rd %f", akan tersisa folder "1" di C:\, hapus saja manual.
* Lakukan MFT defragment, dengan software defrag

BOOT OPTIMIZING
1. Menggunakan bootvis, klik trace, pilih optimize system, lihat pada gambar paling atas.
2. Menggunakan BootXP, tinggal klik Optimize Boot saja...

Kesimpulan :
1. Bootvis adalah aplikasi boot tracing dan optimizer terbaik, karena memiliki tampilan graphical untuk memudahkan kita menganalisa proses yg terjadi selama Windows dimulai. Sayangnya ada sebuah kekurangan, dimana bootvis incompatible dengan multithreading untuk tracing-nya.

2. BootRacer lebih kompatibel dengan hardware terbaru, cuma memiliki kekurangan dalam hal detil analisa, BootRacer hanya menampilkan waktu Total Boot Time saja dengan teks, pada event viewer.

3. Jika kamu pernah mendisable prefetch folder, maka proses optimizer tidak akan optimal! Kembalikan prefetch seperti semula!

4. Service seperti Task Scheduller jangan di disable, optimizer tidak akan bekerja baik!

6. Glary Utilities For Win 7 (Dari Sobat  Anung)

Aplikasi yang memiliki banyak fungsi untuk dapat mengoptimalkan kerja komputer. Kategori fungsi-fungsi yang ada di aplikasi ini:

Clean Up & Repair (Disk Cleaner, Registry Cleaner, Shortcut Fixer, Uninstall Manager)
Optimize & Improve (Startup Manager, Memory Optimizer, Context Menu Manager)
Privacy & Security (Tracks Eraser, File Shredder, File Undelete , File Encrypter and Decrypter)
Files & Folders (Disk Analysis, Duplicate Files Finder, Empty Folders Finder, File Splitter and Joiner)
System Tools (Process Manager, Internet Explorer Assistant, Windows Standard Tools)


 

7. Auslogics Disk Defrag (Dari Sobat  Anung)
Auslogics Disk Defrag adalah sistem yang dirancang untuk mengatasi kelesuan dan crash yang disebabkan oleh fragmentasi disk. Ini dioptimalkan untuk bekerja dengan dunia modern sekarang hard disk. Auslogics Disk Defrag adalah sangat mudah digunakan, tidak memerlukan tahap analisis dan lebih cepat daripada sebagian besar perangkat lunak defragmentasi disk lain. Ini akan membantu Anda mendapatkan performa maksimal dari investasi perangkat keras yang mahal Anda. Dan, apa yang paling penting, ini benar-benar GRATIS.

Menyebabkan fragmentasi disk sistem slowdowns, PC crash, lambat startup dan shutdown dan kadang-kadang kegagalan sistem. Auslogics Disk Defrag ® dirancang untuk cepat optimasi dunia modern sekarang hard disk. Mendapatkan performa maksimal dari investasi perangkat keras yang mahal Anda. It works on Windows 7/Vista/XP/2000/2003 (32-bit dan 64-bit dan dual-core yang didukung).

• Meningkatkan kinerja dan stabilitas komputer
• Meningkatkan produktivitas Anda – tidak lebih menunggu untuk file untuk membuka
• Defragment disk hanya dalam beberapa menit
• Berguna fragmentasi disk fragmentasi peta dan rincian laporan
• Windows 7/Vista/2008/XP/2003, 32-bit dan 64-bit dan dual-core yang didukung.




Tips Mempercepat Shut Down Win XP :
Cara 1 Dengan membuat Icon Shutdown di Desktop :
Dengan membuat shortcut shutdown di desktop anda. Jadi ketika anda ingin shutdown komputer anda, cukup klik 2 kali saja shortcut tersebut. Caranya adalah sebagai berikut :
1 Klik kanan pada desktop dan pilih new shortcut
2 Kemudian pada box yang keluar ketikkan shutdown -s -t 10
3 Itu berarti Windows akan shutdown dalam 10 detik (hanya perkiraan)
4 Kemudian klik next dan akan keluar nama shutdown.exe, biarkan saja
5 Kemudian klik finish
6 Silahkan dicoba

Caranya 2 (dengan mengedit registry):
1. “Start” -> “Run” -> ketikan : “regedit” (tanpa kutip) lalu “Ok”
2. Arahkan pada : “HKEY_CURRENT_USER” -> “Control Panel” -> “Desktop”
3. Sorot pada : “WaitToKillAppTimeout”
4. Dan klik kanan dan pilih “Modify”
5. Ubah “Data Value” menjadi “1000″ (aslinya 20000 – tanpa tanda kutip)
6. Klik “OK”
7. Sorot pada : “HungAppTimeout”
8. Klik kanan dan pilih “Modify”
9. Ubah “Data Value” menjadi “1000″ (tanpa tanda kutip)
10. Klik “OK”
11. Arahkan lagi : “HKEY_USERS” -> “.DEFAULT” -> “Control Panel” -> “Desktop” dan sorot “WaitToKillAppTimeout”
12. Klik kanan dan pilih “Modify”
13. Ubah “Data Value” menjadi “1000″ (aslinya 20000 – tanpa tanda kutip) dan Klik “OK”
14. Arahkan lagi ke : “HKEY_LOCAL_MACHINE” -> “SystemCurrentControlSet” -> “Control” dan sorot “WaitToKillServiceTimeout”
15. Klik kanan dan pilih “Modify”
16. Ubah “Data Value” menjadi “1000″ (tanpa tanda kutip)
17. Klik “OK” dan “Reboot” untuk feel the changes
Selain itu ini ada tambahan Tips :
Digunakan untuk menutup semua aplikasi pada saat shutdown (auto kill ).
1. Masuk ke registry editor anda ( Start –> Run –> Ketik regedit )
2. Masuk ke registry berikut
HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop
3. Cari key dengan nama “AutoEndTasks” dan klik kanan key tersebut lalu pilih Modify, ubah Value Data menjadi 1.

Sekian Tipsnya, Jika terdapat kesalahan saya dalam ngepost harap beri tahu saya !!!! Mohon pencerahannya jika anda mempunyai tips lain .... Kritik dan saran yang membangun harap tulis di Komentar !!!!

Terima Kasih !!!
Sumber : Mbah Google
Share To lintasberita.com | Khamardos Blog

Bagikan Jika Artikel ini menarik, Diharapkan agar memberikannya kepada teman2 anda di Facebook

Artikel Lainnya :

36 comments:

Klik Untuk Lihat Komentar

!Rchymera! on 14 Desember 2009 17.10 mengatakan...

Wach mantap sob infonya dan sangat berguna bagi saya yang cuma pakai kompi jadul xixixi...:D

Alhamdulilllah kbr disini baik2 saja sob tapi jadi jarang ol coz kerjaan pada numpuk,semoga kbr sobat juga baik selalu dan tambah sukses...:D

Mufi_ed on 14 Desember 2009 17.30 mengatakan...

@ Rchymera
hmmm.....
Silhkan di coba yach sobb,
Klo ada Solusi lain mohon di beri tahu untuk kelengkapan posting saya sob !!!

masterGOmaster on 14 Desember 2009 18.07 mengatakan...

sangat lengkap sekali sob tipsnya..makasih atas ilmunya ya..

ichaelmago on 14 Desember 2009 18.32 mengatakan...

nice tips :D

kalo aku..misalnya bootingnya lama, aku getok-getok aja komputernya. hahaa.

Mufi_ed on 14 Desember 2009 21.29 mengatakan...

@ masterGOmaster
Thanks sob, Klo ada tips lain mohon pencerahannya yach sobb !!!!

@ Ichaelmago
Thanks sobb !!!
wah kamu lama juga sob,,,
gunakan saja tips di atas sob, insya allah brhasil, dan saya sudah ngebuktiin sndiri cueeepeeeeet nya booting ma shutdownnya sobbb !!!!

mygoblog on 14 Desember 2009 21.52 mengatakan...

keren teman..ternyata banyak yach utility untuk mempercepat kinerja kompi....saya taunya cuma yang nomor 4 tapi yang 2009 teman..

heru on 14 Desember 2009 21.54 mengatakan...

thanks sobat atas ilmunya, salam sukses selalu

Jalani hidup apa adanya on 15 Desember 2009 07.06 mengatakan...

terimaksih atas ilmu nya sob

anung on 15 Desember 2009 08.01 mengatakan...

good good...nice post ......untuk utilities gratis...coba glary utilies (versi free tanpa disk defrag) ...sedang untuk defragnya...pake aulogics disk defrag.....dijamin tokcer....aku pake semua itu di windows 7 juga hasilnya bagus

Jalani hidup apa adanya on 15 Desember 2009 11.52 mengatakan...

terimakasih atas tipsnya sahabat ^_^

Mufi_ed on 15 Desember 2009 17.13 mengatakan...

@ mygoblog
Tune Up memang salah satu software utility yang terbaik untuk hal proses booting sob,,,,,

Saya hanya menambah sebaian saja, bila anda memang benar2 butuh !!!
Thanks Sob !!!

@ heru
Thanks Bnget atas Komentarnya Sob !!!

@ Jalani hidup apa adanya
Sama2 Sob, Thanks Dah Mampir yach !!!!
Silahkan baca Artikel Lainnya sob !!!

@ anung
Wahhhh !!!!
Thanks Atas Tips Tambhannya Sobbb !!!!!!

dilarang melarang on 15 Desember 2009 18.41 mengatakan...

INFO YANG MENARIK..
ok lanjutkan sob

pekik euy on 15 Desember 2009 18.53 mengatakan...

achh lu... knpa gak posting dari kemaren2 siiichh.. coz kemaren gue suruh prensentasi ini nee salah satunnya...aaaachhhh telat siih lu... klo g telat ntar namamu gue masukin ke dalam sumber makalah... yaaahhh ga papa deehhh..thks.. sangat berguna euy... posting kayak gini ajah soob...gue bakal nangkring ke sini...

Rkeyla on 16 Desember 2009 18.56 mengatakan...

Nice post kawand
Ok bgt nie buat kompi aq
thank's yach

Aditya's Blogsphere on 17 Desember 2009 20.17 mengatakan...

thanks gan......tutorialnya lengkap....aq bookmark untuk di pelajari yah.....

Mufi_ed on 17 Desember 2009 21.27 mengatakan...

@ dilarang melarang
Thanks SOb !!!!

@ Rkeyla
Y sob, Silahkan di coba !!!

@ Aditya's Blogsphere
Thanks sob, Silahkan di gunakan !!! Jangan lupa baca artikel lain yach sob !!!

@ pekik euy
waduh sob, saya telat yach....
sebenarnya saya udah lama ingin membuatnya sob, hanya saja karena blakangan saya sibuk dengan ujian jadi saya hanya bisa menunda untuk post sob !!!!
Ok sob, sering2 datang ke blog saya yachhh !!! akan saya perbanyak posting tentang tutor komputer dan tips nya !!!

attayaya on 19 Desember 2009 13.01 mengatakan...

waaaaaah ngeri sama hutan belantara registry
:((

panduan dan tutorial photoshop on 21 Desember 2009 14.17 mengatakan...

wah lengkap nih,...bro,...maksih infonya

Mufi_ed on 21 Desember 2009 22.33 mengatakan...

@ attayaya
knapa wob ? ad masalah dgn registrynya ?

@ panduan dan tutorial photoshop
Sama2 sob, Thanks sudah mmpirrr !!!!!!

masterGOmaster on 24 Desember 2009 19.41 mengatakan...

baru kali ini postingan selengkap ini..mantaaab!!!

Mufi_ed on 24 Desember 2009 20.22 mengatakan...

@ masterGOmaster
heheheheheh :D
Thanks sob sudah baca artikelku !!!
Silhkan di coba sobbb !!!!!!

sandhioke on 25 Desember 2009 12.55 mengatakan...

wah brother, kumplit inponya..
maturnuhun atuh, udah ane cobaan atu yag perfetch, maknyus..
thx

Ipin on 25 Desember 2009 15.53 mengatakan...

gak brani utak atik registy sob dulu pernah malah eror gara2 lupa gak di copy dulu..

kelirirenk on 26 Desember 2009 14.06 mengatakan...

Saya pernah bahas tapi gak selengkap ini,
Makasih sharingnya, semoga bermanfaat.

Mufi_ed on 26 Desember 2009 17.04 mengatakan...

@ sandhioke
iya sob, Thanks udah mencobanya !!!

@ Ipin
Trauma yach sob, waduh....
tapi versi punya saya ini sudah saya coba kok di komp saya sendiri, buktinya bisa !!!!
Silahkan di coba lagi sob !!!
Thanks sudah beri komentar !!!

@ kelirirenk
hmmmm..... Ok sob, Thanks udah Beri komentarnya !!!

pokehack on 26 Desember 2009 17.27 mengatakan...

beh.. komplit bgt.. thanks bgt gan

Rizky2009 on 30 Desember 2009 10.19 mengatakan...

bagus sih tapi sayangnya rizky g punya kompi sob

Mufi_ed on 30 Desember 2009 14.50 mengatakan...

@ pokehack
Sama2 Sob, Thanks udah koment !!! :D

@ Rizky2009
Thanks pujiannya sob !!! :D

Dunia Komputer on 30 Desember 2009 18.06 mengatakan...

Mantap tutornya. Lengkap banget sob.

Mufi_ed on 30 Desember 2009 20.20 mengatakan...

@ Dunia Komputer
Y sob, silahkan di coba !!!

Ridwan on 13 Januari 2010 00.19 mengatakan...

Ada sebagian tips yg baru q ketahui..

MAntab gan..

xamthone plus on 31 Januari 2011 09.36 mengatakan...

wag agak rumit juga ya,,
tapi kita pelajari dulu deh,,
terima kasih buat infonya
salam kenal aja gan

batu ginjal on 17 Mei 2011 13.01 mengatakan...

mksih ya sob...


informasi nya sangat bermanfaat :))

obat kanker payudara on 21 Juni 2011 12.44 mengatakan...

wah tips nya mantap sekali nih gan, aku akan segera ke tkp nih, makasih banyak yah buat infonya

Anonim mengatakan...

Or perhaps wanted some money, pożyczka bez bik ruda śląska still just simply don’t understand it before pay day? It again crops up kredyt bez bik sosnowiec towards many Individuals across the nation regular. An item pops up and also you want przeczytaj some money, your determine isn’t settled at this point. Doubts kredyt chwilówka olsztyn there was a way to kredyt bez bik anglia get an online payday loan on the net, proper?

Anonim mengatakan...

szybka chwilowka przez internet
pożyczka na dowód gdzie najlepiej
tanie kredyty gotówkowe
pożyczki bez bik kielce
aby zobaczyć więcej kliknij ten link
pożyczki bez bik siedlce
pożyczka na dowód wbk

:: Komentar Anda ::

Silahkan isi Komentar anda pada Form Komentar dibawah ini !!!
Kritik dan Saran yang membangun sangat saya harapkan dari sobat semua !!!

NO SPAM PLEASE !!!

Senyum :)) tunggu :)] centil ;)) kedip ;;) unjuk gigi :D hai ;) week - Jelek :p menangis :((
smile :) gawat :( Love - cinta :X briken love - patah hati =(( ooo - ounght :-o bingung :-/ kiss - cium :-* nothing :|
Gila - stres 8-} pusing ~x( takut :-t tenju - pukul b-( marah :-L marah kali x( sangat lucu =))

[[ Form Komentar Klasik ]]

Jika Anda Ingin Berlangganan Artikel Dari Situs Ini,
Silahkan Ketik Email Anda Pada Form Di Bawah Ini :

 
Copyright © 2009 Black Nero is Designed by Ipietoon | Tweaking by Mufied