22 November 2009

Pin It

Aktivis Greenpeace membuatku salut !!!

Aktivis Greenpeace membuatku salut | Khamardos's BlogHai sobat blogger semua, bagaimana keadaan kamu semua ? Setelah lama pensiun dari dunia maya membuat saya merasa gatal lagi untuk membuat postingan yang kiranya baik untuk kita bincangkan !!! heheheee….. Kali ini saya akan menceritakan sekaligus mengajak para blogger semua akan pentingnya peran manusia dalam menjaga dan melindungi hutan Indonesia yang terkenal subur namun dilibas dengan percuma oleh manusia yang tidak bertanggung jawab.
Aktivis Greenpeace membuatku salut - Melanie | Khamardos's Blog
Aktivis Greenpeace yang datang ke Kampar ini memang bukan aktivis biasa, salah satu diantara mereka adalah seorang artis bintang Hollywwod ternama asal Perancis Melanie Laurent. Niat dan kebersamaan mereka yang peduli terhadap keaadaan bumi ini memang sangat tinggi bahkan mereka rela beraktivitas disaat terik matahari mencapai 40 derajat Celsius !!!

Ada sekitar 20 aktivis yang berjuang untuk menyelamatkan keadaan bumi disini, mereka semua telah berkeliling di Semenanjung Kampar dan tidak jarang mereka melihat banyak sekali lahan yang dahulunya hutan lahan gambut kini terlihat hancur berantakan seperti baru saja terkena bom nuklir, dihancurkan oleh pembangunan kanal-kanal pengeringan dan dibakar untuk pembukaan lahan.

Aktivis Greenpeace membuatku salut - kerusakan hutan indonesia | Khamardos's Blog
Merekapun berusaha untuk membuat dam, persiapan pembendungan sudah dimulai satu minggu sebelumnya dengan seorang ahli biologi dan lahan gambut Profesor Jonotoro. Bersama dengannya dan tim dari universitas ini berusaha semaksimal mungkin untuk membuat bendungan.

“kami telah menerima sumber kayu dari masyarakat setempat, untuk satu bendungan kami membutuhkan sekitar 150 kayu dan 500 kantong pasir. Kanal yang kami bending lebarnya hanya mencapai empat meter, tapi untuk kontruksi lebar bendungan lebarnya menjadi 10 meter.” Kata seorang aktivis Petteri yang berasal dari Finlandia.

Pekerjaan ini juga tidak asal-asalan, mereka mau bolak-balik membawa kayu berat tersebut
Hingga keujung kanal yang berjarak 300 meter. Memang bisa dikatakan bahwa aktivitas yang satu ini sangat membutuhkan kekuatan fisik yang kuat, namun karena semangat dan kebersamaan inilah mereka yakin bisa mengerjakan bendungan sesuai yang diharapkan. “Ya, meski cuaca tidak mendukung tapi pekerjaan ini harus selesai dan pasti bisa.” Kata Petteri.

Berikut adalah peran penting dari lahan gambut :
1. Karena memiliki kadar karbon cukup tinggi, gambut berpotensi untuk dijadikan bahan bakar.
2. Potensi lahan gambut di Indonesia sangat menjanjikan karena memiliki lahan gambut terbesar keempat didunia setelah Kanada, Rusia, dan AS.
3. Hutan gambut berfungsi sebagai penyerap karbon dan mengurangi emisi gas rumah kaca.
4. Gambut juga sudah dimanfaatkan untuk menjadi sumber energi. Sebagai bukti, Negara Finlandia adalah Negara yang sudah lama memanfaatkan gambut sebagai sumber energi baik untuk pembangkit listrik maupun pemanas pengganti batubara.

info lebih lanjut : blog.greenpeace.or.id

Hanya itu saja yang bisa saya ceritakan kepada sobat blogger semua, saya hanya berpesan bahwa “ Mari kita sama-sama menjaga dan melindungi hutan kita yang sudah mulai habis ini. Dimulai dari kesadaran kita, kemudian diteruskan dengan niat dan kebersamaan maka yakinlah bahwa kita akan memperoleh kehidupan yang layak kedepan. Untuk itu, mari kita tingkatkan upaya reboisasi dan perlindungan terhadap hutan kita.

Setelah membacanya, jangan lupa mengisi respon anda pada kotak komentar yang tersedia dibawah ini !!! Happy Blogging sob !!!!
Share To lintasberita.com | Khamardos Blog

Bagikan Jika Artikel ini menarik, Diharapkan agar memberikannya kepada teman2 anda di Facebook

Artikel Lainnya :

18 comments:

Klik Untuk Lihat Komentar

masterGOmaster on 22 November 2009 16.37 mengatakan...

ini nih baru informasi menarik bagus tuh untuk para aktivis greenpeace semoga dengan adanya mereka ozzon + lingkungan kita aman terhindar dari pemanasan global.sekian terima kasih

amlus on 23 November 2009 07.00 mengatakan...

mantep sob.....setidaknya di pesta blogger tahun depan, harusnya ngadain penanaman sejuta pohon di lahan-lahan yang kritis..

kelirirenk on 24 November 2009 06.34 mengatakan...

Kalo melihat berita, Greenpeace diusir sama penguasa setempat malah dibilang visa tidak sesuai.
GREEN PEACE TETAP SEMANGAT ya...!!!

Rkeyla on 25 November 2009 10.46 mengatakan...

Nice post sob
Sudah menjadi kewajiban kita harus meningkatkan memelihara kelestarian hutan

!Rchymera! on 26 November 2009 02.50 mengatakan...

Saya juga salut bos dan kita harus bisa menjaga kelestarian alam kita,jangan hanya merusak yang telah diberikan alam pada kita hehehe...:D

ichaelmago on 3 Desember 2009 23.57 mengatakan...

setuju sama komennya amlus. blogger juga kalo bisa punya agenda serupa sama greenpeace :D

Mufi_ed on 6 Desember 2009 17.14 mengatakan...

@ masterGOmaster
Thanks sob atas pujiannya !!! :D

@ amlus n @ ichaelmago
saya juga stuju dengan pendapat anda sobb !!! :)

@ kelirirenk
hmmm, kok bisa sob, pdahal niatnya kan bagus bnget tu !!!!
SIPP !!! bukan hanya greenpeace yang diberi smngt sob, kita harus melkkan hal yang sama sperti aktivs greenpeace sob !!!

@ Rkeyla
Yupppt sobbb !!! bener bnget tu !!! :)

@ !Rchymera!
Yoi dunk sob !!! mnjaga kelestarian alam kita adalah tugas kita bersma !!! :D

the sunrise on 6 Desember 2009 20.46 mengatakan...

betul betul betul sob . .
memang demikian halnya kita seharusnya menghargai hidup dan lingkungan ini . .

Rizky2009 on 11 Desember 2009 18.04 mengatakan...

artikel yang sangat manarik kawan, jangan cuma aktivis green pis aja yang melakukan tapi kita juga sebagai warga bumi harus ikut juga menjaga kelestaruian bumi ini

Mufi_ed on 14 Desember 2009 20.56 mengatakan...

@ sunrise And Risky2009
Stuju bnget dgn pndapat sobat !!!

RifkyMedia™ on 24 Desember 2009 15.06 mengatakan...

Indonesia juga tercatat sebagai negara paling banyak merusak hutan nya perharinya loh. heran deh..bumi ini lama lama sakit kalau ulah manusia tamak yg kerjaan nya merusak lingkungan. Salut buat Greenpeace.!

Mufi_ed on 24 Desember 2009 20.20 mengatakan...

@ RifkyMedia™
Thanks sudah ksih komentar sobbb !!!! :D

wawan on 30 Desember 2009 14.46 mengatakan...

pentingnya menjaga keseimbangan alam supaya manusia bisa hidup lebih sehat

sandhioke on 15 Januari 2010 13.54 mengatakan...

Go green, yg skrg udah aku budayakan yah mengurangi penggunaan kertas. jd membiasakan pake kertas elektronik speerti e-books

Mufi_ed on 15 Januari 2010 14.27 mengatakan...

@ wawan
bener sob !!
saya setuju dgn anda !!

@ sandhioke
Sip sob !!!!!!!

bahtiar on 6 Mei 2010 10.23 mengatakan...

cerita yang bagus ... menyemangati ...

hearthuman on 8 Juni 2010 12.03 mengatakan...

go greenpeace..!! go greenpeace!! goo.!!

Mufi_ed on 8 Juni 2010 17.02 mengatakan...

@ bahtiar
YAch, Tidak hanya menyemangati sobat !!
setidaknya kita juga harus turut bergabung dan ikut melestrikn lingkungan !!!

@ hearthuman
GO........ :D

:: Komentar Anda ::

Silahkan isi Komentar anda pada Form Komentar dibawah ini !!!
Kritik dan Saran yang membangun sangat saya harapkan dari sobat semua !!!

NO SPAM PLEASE !!!

Senyum :)) tunggu :)] centil ;)) kedip ;;) unjuk gigi :D hai ;) week - Jelek :p menangis :((
smile :) gawat :( Love - cinta :X briken love - patah hati =(( ooo - ounght :-o bingung :-/ kiss - cium :-* nothing :|
Gila - stres 8-} pusing ~x( takut :-t tenju - pukul b-( marah :-L marah kali x( sangat lucu =))

[[ Form Komentar Klasik ]]

Jika Anda Ingin Berlangganan Artikel Dari Situs Ini,
Silahkan Ketik Email Anda Pada Form Di Bawah Ini :

 
Copyright © 2009 Black Nero is Designed by Ipietoon | Tweaking by Mufied