23 Maret 2009

Pin It

Bahaya Merokok

 merokok - smooking | - khamardos's blogSeseorang di katakan perokok jika selama ini telah menghisap minimal 100 batang rokok. Rokok merupakan dilemma karena di satu sisi menimbulkan kerugian pada kesehatan sedangkan di sisi lain menjadi pemacok cukai yang cukup besar bagi negara.

Secara global, komsumsi rokok dapat membunuh satu orang dalam 10 detik. WHO memperkirakan pada tahun 2020 penyakit yang berkaitan dengan rokok akan menjadi masalah kesehatan utama di banyak negara. Kebiasaan merokok dianggap menjadi entry point pada penyalahgunaan narkotik dan bahan berbahaya lainnya (narkoba).

Fenomena lain yang juga harus di perhatikan adalah para perokok pasif, yaitu orang yang tidak merokok tapi tercemar oleh asap rokok. Pencemaran tersebut dapat terjadi dalam rumah, ruangan kantor, kendaraan, dan tempat umum lainnya. Survei membuktikan lebih dan 90% perokok aktif mengaku merokok dalam rumah ketika bersama anggota keluarga, Sehingga sekitar 70% penduduk indonesia berumur 0-14 tahun telah terpapar asap rokok sejak lahir (perokok pasif). Informasi ini menunjukkan betapa besarnya prevalensi perokok pasif dengan akibat yang lebih parah lagi.

Asap rokok terdiri dab 4000 bahan kimia dan 200 diantaranya bersifat racun. Antara lain Karbon Monoksida (GO) dan Polycyclic Aromatic Hydrocarbon yang mengandung zat-zat pemicu terjadi kanker (seperti Tar, Benzopyrenes, Vinyl Chlorida, dan Nitroso-Nor-Nicotine). Disamping itu, nikotin dapat menimbulkan ketagihan, baik pada perokok aktif maupun pada perokok pasif. Paa perokok aktif dan pasif berisiko terkena batuk dengan sesak nafas 6,5 kali dibandingkan dengan bukan perokok. Industri rokok selalu berusaha menyangkal bukti-bukti epidemiologis tentang dampak merokok pada kesehatan manusia.

Nikotin merupakan Alkoloid yang bersifat stimulan dan pada dosis tinggi beracun. Hanya ada dalam tembakau, sangat adiktif, dan mempengaruhi otak/susunan syaraf. Dalam jangka panjang, nikotin akan menekan kemampuan otak untuk mengalami kenikmatan, sehingga perokok akan selalu membutuhkan kadar nikotin yang semakin tinggi untuk mencapai tingkat kepuasan dan ketagihannya. Survei pada anak-anak sekolah usia 13-15 tahun di jakarta menunjukkan bahwa lebih dan 20% adalah perokok tetap dan 80 % diantaranya ingin berhenti merokok tetapi tidak berhasil.
Share To lintasberita.com | Khamardos Blog

Bagikan Jika Artikel ini menarik, Diharapkan agar memberikannya kepada teman2 anda di Facebook

Artikel Lainnya :

1 comments:

Klik Untuk Lihat Komentar

obat gagal ginjal on 12 Januari 2011 09.08 mengatakan...

wah ternyata bahaya banget ya rokok itu,,, untuk saya belum jadi perokok ,terima kasih gan buat infonya

:: Komentar Anda ::

Silahkan isi Komentar anda pada Form Komentar dibawah ini !!!
Kritik dan Saran yang membangun sangat saya harapkan dari sobat semua !!!

NO SPAM PLEASE !!!

Senyum :)) tunggu :)] centil ;)) kedip ;;) unjuk gigi :D hai ;) week - Jelek :p menangis :((
smile :) gawat :( Love - cinta :X briken love - patah hati =(( ooo - ounght :-o bingung :-/ kiss - cium :-* nothing :|
Gila - stres 8-} pusing ~x( takut :-t tenju - pukul b-( marah :-L marah kali x( sangat lucu =))

[[ Form Komentar Klasik ]]

Jika Anda Ingin Berlangganan Artikel Dari Situs Ini,
Silahkan Ketik Email Anda Pada Form Di Bawah Ini :

 
Copyright © 2009 Black Nero is Designed by Ipietoon | Tweaking by Mufied